Lowongan PLN (Persero) – Desember 2014

Share
Ujian CPNS akan diselenggarakan dengan cara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa wajib mempelajari untuk persiapan ujian CPNS nanti. Info lengkapnya :
Klik Disini >>

Pelayanan listrik oleh Negara ini telah dilaksanakan sejak akhir abad ke-19, saat itu Pemerintah Belanda yang memiliki perusahaan gula dan teh membangun sumber pembangkit listri hanya untuk keperluan Pemerintah Belanda saja, sampai akhirnya dilakukan usaha-usaha agar listrik dapat digunakan oleh masyarakat umum oleh perusahaan swasta Belanda NV. NIGM, yang bergerak di bidang gas dan memperluas usahanya di bidang tenaga listrik. Akhirnya bermunculan perusahaan swasta lain yang mengkhususkan diri dalam pelayanan kebutuhan listrik untuk masyarakat umum.

Sejarah PT PLN

Antara tahun 1942-1945 terjadi peralihan pengelolaan perusahaan- perusahaan Belanda tersebut oleh Jepang, setelah Belanda menyerah kepada pasukan tentara Jepang di awal Perang Dunia II. Kemudian Proses peralihan kekuasaan kembali terjadi di akhir Perang Dunia II pada Agustus 1945, saat Jepang menyerah kepada Sekutu. Pengambil alihan listrik dari Pemerintah asing/penjajah ke tangan bangsa Indonesia tidak lepas dari perjuangan rakyat Indonesia merebut kedaulatan Republik Indonesia. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pemuda dan buruh listrik melalui delegasi Buruh/Pegawai Listrik dan Gas yang bersama-sama dengan Pimpinan KNI Pusat berinisiatif menghadap Presiden Soekarno untuk menyerahkan perusahaan-perusahaan tersebut kepada Pemerintah Republik Indonesia. Hal ini dilakukan setelah dilaksanakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia,  tanggal 17 Agustus 1945. Hingga akhirnya Perusahaan listrik yang dikuasai Jepang direbut oleh para pejuang muda Indonesia pada bulan September 1945. Dan tanggal 27 Oktober 1945 didirikanlah Jawatan Listrik dan Gas oleh Presiden Soekarno. Saat itu kapasitas pembangkit tenaga listrik hanya sebesar 157,5 MW.

Kronologis selanjutnya dapat dirinci menjadi poin seperti di bawah ini :
Peristiwa

  • Tanggal 1 Januari 1961, dibentuk BPU – PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas.
  • Tanggal 1 Januari 1965, BPU-PLN dibubarkan dan dibentuk 2 perusahaan negara yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mengelola tenaga listrik dan Perusahaan Gas Negara (PGN) yang mengelola gas.
  • Saat itu kapasitas pembangkit tenaga listrik PLN sebesar 300 MW.
  • Tahun 1972, Pemerintah Indonesia menetapkan status Perusahaan Listrik Negara sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara (PLN).
  • Tahun 1990 melalui peraturan pemerintah No 17, PLN ditetapkan sebagai pemegang kuasa usaha ketenagalistrikan.
  • Tahun 1992, pemerintah memberikan kesempatan kepada sektor swasta untuk bergerak dalam bisnis penyediaan tenaga listrik.

Sejalan dengan kebijakan di atas maka pada bulan Juni 1994 status PLN dialihkan dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).

Misi

  • Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
  • Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  • Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
  • Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Sumber : Wikipedia

Lowongan Kerja BUMN PLN

Posisi : Karyawan
Wilayah Padang, Mataram, Manado, Lampung, Balikpapan, Ambon, Aceh

Persyaratan :

  1. Pendidikan minimal S1 / D4: Teknik Elektro / Arus Kuat / Elektronik / Instrumentasi / Kontrol ; D3: Teknik Elektro / Arus Kuat / Elektronik / Instrumentasi / Kontrol
  2. Single (belum menikah) dan bersedia tidak menikah selama masa pra-layanan pelatihan / Diklat Prajabatan.
  3. Lulusan S1 / D4 atau D3 dengan batas usia: S1 / D4: Kelahiran tahun 1989 dan setelahnya; D3: Kelahiran tahun 1991 dan setelahnya.
  4. IPK> 2,75.

Dokumen yang diperlukan :
Surat lamaran ditujukan kepada PT PLN (Persero) cq Kepala Divisi Pengembangan SDM Dan Talenta.
Curriculum Vitae (CV).
Fotokopi akte kelahiran (Akte Kelahiran).
Salinan yang dilegalisir certifiacate akademik dan transkrip.
Fotokopi KTP yang masih berlaku (KTP).
Baru-baru ini foto berwarna ukuran 3×4 (2 lembar), silahkan tulis nama Anda pada sisi belakang foto itu.
Untuk Channel Cross Pelamar (D3 depan untuk D4 / S1), wajib melampirkan dokumen tambahan sebagai berikut:
Copy Legized sertifikat akademik D3.
Copy Legized transkrip D3.

Calon dengan kualifikasi seperti yang disebutkan di atas, dipersilakan untuk melamar posisi tersebut. Harap kirimkan semua dokumen Anda di atas untuk alamat berikut di bawah ini

  • Padang: silakan kirim aplikasi Anda di atas dengan pos udara ke PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat – PO BOX 25000 Padang pada tanggal 8 – 19 Desember 2014 (pasca tanda 19 Desember 2014).
  • Mataram: silakan kirim langsung aplikasi Anda di atas pada 08-22 Desember 2014 PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Barat – Jl Langko No 25-27 Ampenan-Mataram 83.114.
  • Manado: silakan kirim langsung atau dengan pos udara aplikasi Anda di atas untuk PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Utara, Tengah Dan Gorontalo – Jl Betesda No 32 Manado 95116 pada 8-33 Desember 2014 (pasca tanda 19 Desember 2014).
  • Lampung: silakan kirim aplikasi Anda di atas dengan pos udara ke PT PLN (Persero) Distribusi Lampung – PO BOX 120 BDLU 35.145 pada tanggal 8 – 19 Desember 2014 (pasca tanda 19 Desember 2014).
  • Balikpapan: silakan kirim aplikasi Anda di atas dengan pos udara ke PT PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur Dan Utara – PO BOX 2710 pada tanggal 8 – 19 Desember 2014 (pasca tanda 19 Desember 2014).
  • Ambon: silakan kirim langsung aplikasi Anda di atas pada 08-22 Desember 2014 PT PLN (Persero) Wilayah Maluku Dan Maluku Utara – Jl Diponegoro No 2 Ambon 97.127.
  • Aceh: silakan kirim langsung atau dengan pos udara aplikasi Anda di atas untuk PT PLN (Persero) Wilayah Aceh – Jl Tgk HM Daud Bereuh No 172 Banda Aceh 23243 pada tanggal 8 – 19 Desember 2014 (pasca tanda 19 Desember 2014).
Share