Berita Lowongan CPNS 2016 Ujian TKD Dan TKB Menggunakan Sistem Komputer CAT

Share
Ujian CPNS akan diselenggarakan dengan cara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Apakah Anda sudah mengenal bagaimana itu ujian CAT CPNS..?
Anda bisa wajib mempelajari untuk persiapan ujian CPNS nanti. Info lengkapnya :
Klik Disini >>

Info Lowongan CPNS 2016 : Masuk dalam kriteria lulus dalam CPNS memang sangat susah, ditambah lagi persaingan pelamar tiap tahunnya dengan kuota yang begitu sedikit pula. Memang menjadi PNS sangat diidamkan semua orang karena lebih cenderung hidup sangat terjamin masa depan. Baru baru ini kemenpanRB mengatakan bahwa tahun 2016 bakal ada rekrutmen CPNS untuk pelamar umum dan kategori honerer serta PTT. Kuota yang diberikan mencapai 100 ribu-an dimana terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan penegak hukum. Dalam pelaksanaan ujian CPNS menggunakan seleksi Tes kemampuan Dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Pada penerimaan CPNS 2016 nantipun tetap menggunakan kedua sistem ini. Namun ada yang menarik dari pelaksanaan ujiannya yaitu yang biasanya TKB dilaksanakan secara manual saja ini akan dilaksanakan lewat computer assisted test (CAT) dan manual. Sistem computer assisted test (CAT) biasanya dilakukan pada seleksi TKD saja, namun pada CPNS 2016 akan juga melakukan pada Tes kemampuan Bidang. TKB dengan sistem CAT untuk instansi yang infrastrukturnya sudah ada.

Hal ini dibenarkan oleh ‎Diah Faraz selaku Kabid Evaluasi Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur KemenPAN-RB. Beliau mengatakan bahwa belum semuanya instansi yang akan melakukan Tes Kemampuan Bidang dengan CAT, Hal tersebut dikarenakan materinya belum semua ada.

Beliau mengatakan bahwa untuk soal soal TKB dibuat dan disusun oleh Jabfung yaitu instansi pembina jabatan fungsional karena instansi pembina jabfung lebih tahu apa saja yang harus ditanyakan dala materi TKB. Sedangkan untuk tes kompetensi dasar (TKD)soal soalnya disusun oleh konsorsium perguruan tinggi negeri.

Kemudian Beliau mengatakan, apabila semua materi TKB dan TKD sudah selesai disusun oleh kedua instansi tersebut makan proses selanjutnya menyerahkan semua materi ke panitia seleksi nasional (Panselnas) untuk dimasukkan kedalam database. Kemungkinan proses ini memakan waktu yang begitu lama karena belum semua instansi pembina jabfung menyusun soalnya.

Selanjutnya beliau mengatakan pada penerimaan CPNS tahun 2017 dan berikutnya kemungkinan besar baru 2017 seluruh seleksi ujian TKB sudah menggunakan sistem CAT.

Demikianlah informasi seputar Lowongan Kerja di bulan November yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.Semoga bisa bermanfaat bagi anda semuanya yang sedang membutuhkan sebuah pekerjaan.

Share